Senin, 22 Oktober 2012

Wajah Koperasi di Indonesia saat ini


Wajah Koperasi di Indonesia saat ini


Sebelum saya menjelaskan wajah koperasi Indonesia saat ini, saya akan menjelaskan apa itu koperasi.Saya yakin kalian sudah mengetahui koperasi itu apa, tapi disini saya akan menjelaskan koperasi lebih jauh lagi, dan semoga kalian dapat memahami koperasi di Indonesia ini.

Pengertian Koperasi
`           Wiklopedia, Koperasi  merupakan organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh sekelompok orang  demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.
Koperasi lahir dari kalangan rakyat, ketika penderitaan dalam lapangan ekonomi dan sosial yang ditimbulkan oleh sistem kapitalisme yang semakin memuncak. Beberapa orang yang kehidupannya sederhana dengan kemampuan ekonomi terbatas, terdorong oleh penderitaan dan beban ekonomi yang sama, secara bersama-sama dan spontan mempersatukan diri untuk menolong dirinya sendiri dan sesama manusia yang memiliki nasib yang tidak jauh berbeda.
Dengan pengertian lain Koperasi indonesia adalah badan usaha atau usaha bersama yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melaksanakan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi. Koperasi juga berperan sebagai sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan dengan bentuk aoragnisasi koperasi.Dan Dunia sepakat bahwa Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya demikian pula dengan koperasi Indonesia.
Tujuan koperasi yang saya ketahui menurut Undang-undang Nomor 25 tahun 1992 Pasal 3 koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggotanya pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.


Penyebab Masalah Koperasi di Indonesia
Sekarang saya akan menjelaskan penyebab masalah-masalah koperasi di Indonesia. Pertama, perkembangan koperasi Indonesia saat ini bukan dari kesadaran masyarakat namun berasal dari dukungan pemerintah yang disosialisasikan ke masyarakat, namun  berbeda dengan Negara-negara lainnya, koperasi berkembang berdasarkan kesadaran masyarakat untuk saling membantu dan mensejahterakan sesama yang merupakan dari tujuan koperasi. Sehingga pemerintah tinggal menjadi pendukung dan pelindung saja, tapi berbeda dengan Indonesia, pemerintah bekerja lebih extra, yaitu sebagai mendukung dan mensosialisasikan untuk masyarakat ke bawah.

Kedua, koperasi di Indonesia pengelolaannya dinilai kurang baik. Karan banyak koperasi yang akhirnya gulung tikar dan tidak sanggup karena banyak persaingan dari luar yang lebih menjanjikan.

Ketiga, tingkat partisipasi anggota koperasi masih rendah, ini disebabkan sosialisasi yang belum optimal. Masyarakat yang menjadi anggota hanya sebatas tahu koperasi itu hanya untuk melayani konsumen seperti biasa, baik untuk barang konsumsi atau pinjaman. Mereka belum tahu bahwa dalam koperasi konsumen juga berarti pemilik, dan mereka berhak berpartisipasi menyumbang saran demi kemajuan koperasi miliknya serta berhak mengawasi kinerja pengurus. Keadaan seperti ini tentu sangat rentan terhadap penyelewengan dana oleh pengurus karena tanpa kerjasama anggota tidak ada kontrol dari anggotanya sendiri terhadap pengurus.

Keempat, koperasi belum tumbuh secara maksimal, di sekeliling kita masih jarang sekali ditemukannya koperasi. Koperasi harus berada di tempat – tempat yang bisa dijangkau masyarakat, sehingga orang semakin mudah untuk menginvestasikan dan menyimpan uangnya di koperasi daripada di bank yang terlalu banyak biaya administrasinya dan cenderung merugikan pengguna.

Kelima, selain masalah pengelolaan dan pertumbuhan koperasi yaitu masalah manajemen koperasi itu sendiri, kurangnya anggota koperasi yang cukup berpengalaman dalam melakukan pengelolaan koperasi tersebut, karena jika anggotanya aktif dapat memberikan dampak yang baik bagi koperasi.

Keenam, selain itu permasalahan koperasi yang perlu dilihat lebih lanjut adalah masalah penggalakkan dan promosi harus ditingkatkan namun masalah promosi harus membawa pesan-pesan promosi yang baik dan sesuai dengan tujuan dasar dari koperasi tersebut.


Perkembangan Indonesia saat ini

Jadi kesimpulannya menurut saya wajah koperasi di Indonesia saat ini, masih belum berkembang atau belum maju. Masyarakat masih ada saja yang belum tau tentang pemahaman tentang koperasi. Seharusnya kita juga harus lebih aktif lagi untuk menyampaikan bagaimana itu pemahaman tentang koperasi ke masyarakat luas. Dengan cara itu tentu masyarakat akan lebih mengetahui apa itu koperasi, bagaimana fungsinya dan tujuan koperasi tersebut. Dan menurut saya para pengelolanya kurang profesional untuk mengatasi koperasi Indonesia saat ini. Sebaiknya pemerintah mengadakan training tentang pengelolaan koperasi kepada masyarakat untuk lebih memajukan citra dan ketertarikan masyarakat akan koperasi. Dan seharusnya pengelolaan koperasi harus dengan baik seperti memajukan mutu kualitas barang dalam negeri, khususnya memajukan para petani dengan memberi subsidi agar barang lokal tidak terlalu mahal hingga para konsumen tertarik untuk membeli karena dengan mutu kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Sebaiknya pemerintah juga memberikan pajak yang tinggi pada barang-barang import agar produk lokal tidak kalah saing dengan produk-produk luar negeri. Semoga Koperasi Indonesia dapat membenahi diri menjadi yang lebih baik lagi.

Keberadaan koperasi akan sangat membantu masyarakat dalam hal perekonomian. Jika masyarakatnya bisa sejahtera, maka bangsanya pun akan turut mengikuti kesejahteraan yang sudah berlangsung pada masyarakatnya. Namun, pada saat ini koperasi Indonesia menurut saya masih kurang berjalan lancar sebagaimana mestinya. Dan pada saat ini juga ada lambang koperasi yang baru, seharusnya kita bisa memanfaatkan lambang tersebut yang baru untuk memperkenalkan bagaimana dan apa itu koperasi kepada generasi – generasi muda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar